Minggu, 01 Desember 2013

Laporan Praktikum TIK tanggal 26 November 2013



Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan laporan praktikum yang telah saya lakukan pada tanggal 26 november 2013 kemarin.

Jaringan Komputer merupakan sebuah sistem terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang didesain saling terhubung menggunakan protokol komunikasi agar bisa bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama adalah berbagi sumber daya (data, printer, harddisk), berkomunikasi (email, chatting), dan untuk akses informasi (web browsing). Ada 2 jenis kabel jaringan LAN yaitu jenis Straight dan Cross keduanya memiliki perbedaan dari fungsi dan pembuatan, tetapi dijaman yang serba modern ini terkadang hanya kabel jaringan Straight saja yang biasa banyak digunakan bahkan untuk Switch/Hub sekalipun.


Jika hanya menghubungkan 2 komputer, maka anda tidak memerlukan sebuah hub atau switch. Namun, konfigurasi kabelnya yang sedikit berbeda. Jika Anda membuat jaringan untuk 2 komputer tanpa menggunakan hub atau switch, konfigurasi kabel maka kabel yang digunakan adalah kabel Cross. Sebaliknya jika menggunakan sebuah hub atau switch, untuk membuat jaringan lebih dari 2 komputer maka konfigurasi kabel yang digunakan adalah kabel Straight.

·         UTP 1m
·         RJ 45 4 buah
·         Tang Crimping
·         Tang Potong/gunting

Masukkan kabel yang sudah disusun berdasarkan pola dan sudah diratakan ujungnya kedalam konektor RJ 45 untuk kedua sisinya.


4.   Setelah kabel-kabel dipasang pada RJ 45, kemudian di crimping dengan tang crimping sampai terdengar bunyi.

5.     Setelah itu cobalah kedua tipe kabel Straight dan Cross pada suatu alat yaitu tester, dan lihat kabel mana saja yang terhubung dengan tanda nyala lampu pada tester tersebut.

   Pada kelompok kami, kabel straight hampir saja terhubung semuanya, tapi hanya lampu pada kabel nomer 2 yaitu kabel orange yang tidak nyala lampunya. Hal ini disebabkan karena pada salah satu ujung kabel UTP, saat dimasukkan dalam RJ 45 kabel orange tersebut tidak sampai masuk sehingga kabel tersebut belum terjepit.

     Kemudian untuk kabel tipe cross yang terhubung hanya empat kabel saja, yaitu nomer 1-3, 4-4, 7-7, 8-8 yang lain tidak terhubung sehingga lampunya tidak nyala. Kami tidak menemukan dimana letak kesalahan yang kami lakukan, sepertinya terjadi masalah yang sama dengan kabel straight yaitu kami kurang memasukkan kabel-kabel tersebut hingga tidak sampai terjepit oleh konektor. Oleh karena itu, ketika kami mencoba untuk menghubungkan dua laptop dengan kabel LAN tersebut, keduanya tidak bisa terhubung. Sehingga kami tidak dapat mencoba untuk menshare file-file dari komputer satu ke komputer yang lainnya.

    Namun, Hari ini ada kelompok lain yang kedua kabelnya straightdan cross berhasil terhubung semua. Kemudian mereka mencobanya di laptop dan keduanya berhasil terhubung. Selanjutnya mereka mencoba untuk menshare file-file. Mulai dari file yang berkapasitas kecil sampai yang besar sekaligus.

Kesimpulannya adalah, Jaringan komputer (salah satunya kabel LAN) memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk berbagi internet, berbagi file, berbagai sumber daya dan masih banyak lagi.Sebagai contoh, misalnya kita tidak membawa flashdisk, kemudian kita butuh untuk memindahkan file, kita bisa menghubungkan dua komputer untuk membagi file tersebut menggunakan kabel LAN. Bahkan dengan LAN pun kita bisa memindahkan file dengan kapasitas yang besar seperti film.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar