Sabtu, 19 Oktober 2013

Apa Itu ISMAFARSI???

Kali ini saya akan memberikan beberapa info tentang ISMAFARSI.

APA ITU ISMAFARSI?

ISMAFARSI adalah singkatan dari Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia. Terbentuk pada tanggal 22 Desember 1955. Pada saat itu mahasiswa farmasi indonesia ingin memecahkan permasalahan yang ada, sehingga muncul kesadaran untuk menjalin komunikasi lewat terbentuknya ISMAFARSI. Pada tahun 50-an terdapat dua perguruan tinggi yang memiliki jurusan Farmasi yakni UGM dan ITB dan keduanya pun memiliki masalah yang sama. Masalah yang mereka hadapi pembagian dalam bagian fakultas yang dianggap berbeda.Di UGM sendiri farmasi merupakan bagian dari Fakultas kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi sedangkan Farmasi di ITB merupakan bagian dari faklutas Teknik. Mahasiswa farmasi UGM maupun ITB akhirnya sepakat untuk mendirikan ISMAFARSI yang saat itu merupakan suatu organisasi mahasiswa intra universitas profesional pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Terpilih sebagai ketua adalah Purnomo Singgih (UGM) dan Midian Sirait (ITB), sedangkan tokoh-tokoh mahasiswa lainnya yang ikut terlibat diantaranya adalah Marisi P,Sihombing, Sunarto Prawirosujanto, Djasman, Sulastomo, Sardjoko dan lain-lain.

Atas perjuangan ISMAFARSI, maka para pimpinan perguruan tinggi farmasi ITB dan UGM mengadakan pertemuan untuk mengambil langkah penyesuaian terhadap kurikulum masing-masing. Konsep Bachaloreat yang mendahulukan jenjang Apoteker, baru kemudian jenjang sarjana diubah menjadi sebaliknya. Sementara kedudukan mahasiswa di ikatan Apoteker Indonesia diperjelas dengan system perwakilan dari MISAFARSI. Tahun 1970, ISMAFARSI kembali mengadakan kongres dan memilih Ilham Indradjaja sebagai Sekjen. Kemudian pada periode ini kenggotaan ISMAFARSI merupakan lembaga Kemahasiswaan di tiap Institut Farmasi, tidak lagi bersifat personal.

ARTI LOGO ISMAFARSI


Gelas dan ular melambangkan nilai- nilai kefarmasian yang berorientasi pada penemuan senyawa obat baru. Lambang ular digunakan karena ular memiliki bisa yang dapat menjadi racun ataupun obat, dan gelas menunjukkan bahwa efek tersebut tergantung dosisnya. Buku menjadi dasar kaki gelas menunjukkan bahwa farmasi berlandaskan nilai-nilai pendidikan, begitu pula kehidupan farmasi dan organisasi ini. Posisi buku yang terbuka menunjukkan bahwa para anggotanya harus terus belajar dan menimba ilmu demi kekokohan farmasi dan organisasi ini. Ikatan Senat memiliki makna bahwa organisasi ini merangkul seluruh aktivitas akademik di bidang farmasi yang tercantum tertulis pada lambang cawan, gelas, dan baju. Ismafarsi Indonesia bermakna bahwa seluruh kegiatan dari makna-makna sebelumnya disatukan dalam satu wadah organisasi, yaitu ISMAFARSI. Lambang ini didominasi warna hijau karena organisasi ini adalah organisasi yang ramah, tenang dan tidak ada pertikaian atau pun anarkisme. Warna putih pada setiap tulisannya melambangkan kesucian jiwa dan raga para farmasis, mereka bergerak dan bekerja atas dasar ketulusan hati, tanpa adanya niat buruk dalam benak. Dua garis yang melingkari keseluruhan poin-poin sebelumnya, melambangkan perlindungan dari dalam yaitu dari anggota-anggota ISMAFARSI dan dari luar yaitu dari IAI. Garis tersebut tidak memiliki sudut karena organisasi ini tidak membedakan golongan-golongan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar